Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kelasnya Pak Heru melihat bahwa dalam 2 kali ulangan harian yang diberikan rata-rata hanya 4 orang dari 30 siswa yang mendapat nilai diatas 60. Sebagian besar siswa tidak dapat menyelesaikan soal konsep gaya tak sentuhan. Selain itu, pada setiap pelajaran suasana kelas pasif.Sehubungan dengan permasalahan tersebut Pak Heru kemudian merumuskan akar permasalahan pembelajaran sebagai berikut:“Metode Apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat memahami materi gaya tak sentuhan sertasuasana kelas menyenangkan?Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:1) Apakah pemberian latihan soal akan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang gaya dan sentuh?2) Bagaimana menunjukkan contoh gaya tak sentuh di depan kelas?3) Bagaimana strategi pembelajaran dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran IPA? 4) Apakah saya perlu berkonsentrasi dengan orang tua siswa?Permasalahan diatas dapat digunakan Pak Heru dalam rangka melakukan refleksi untuk persiapan merencanakan PTK adalah?

*Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kelasnya Pak Heru melihat bahwa dalam 2 kali ulangan harian yang diberikan rata-rata hanya 4 orang dari 30 siswa yang mendapat nilai diatas 60. Sebagian besar siswa tidak dapat menyelesaikan soal konsep gaya tak sentuhan. Selain itu, pada setiap pelajaran suasana kelas pasif.Sehubungan dengan permasalahan tersebut Pak Heru kemudian merumuskan akar permasalahan pembelajaran sebagai berikut:”€œMetode Apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat memahami materi gaya tak sentuhan sertasuasana kelas menyenangkan?Selanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:1) Apakah pemberian latihan soal akan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang gaya dan sentuh?2) Bagaimana menunjukkan contoh gaya tak sentuh di depan kelas?3) Bagaimana strategi pembelajaran dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran IPA? 4) Apakah saya perlu berkonsentrasi dengan orang tua siswa?Permasalahan diatas dapat digunakan Pak Heru dalam rangka melakukan refleksi untuk persiapan merencanakan PTK adalah?*

A. 1), 2) dan 4)

B. 1) dan 3)

C. 1), 2), dan 3)

D. 2), 3), dan 4)

E. Semua jawaban benar

Jawaban: B. 1) dan 3)

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kelasnya pak heru melihat bahwa dalam 2 kali ulangan harian yang diberikan rata-rata hanya 4 orang dari 30 siswa yang mendapat nilai diatas 60. sebagian besar siswa tidak dapat menyelesaikan soal konsep gaya tak sentuhan. selain itu, pada setiap pelajaran suasana kelas pasif.sehubungan dengan permasalahan tersebut pak heru kemudian merumuskan akar permasalahan pembelajaran sebagai berikut:”€œmetode apa yang dapat saya gunakan agar siswa dapat memahami materi gaya tak sentuhan sertasuasana kelas menyenangkanselanjutnya, permasalahan tersebut dapat dirinci secara operasional sebagai berikut:1) apakah pemberian latihan soal akan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang gaya dan sentuh2) bagaimana menunjukkan contoh gaya tak sentuh di depan kelas3) bagaimana strategi pembelajaran dapat membangkitkan motivasi siswa terhadap pelajaran ipa 4) apakah saya perlu berkonsentrasi dengan orang tua siswapermasalahan diatas dapat digunakan pak heru dalam rangka melakukan refleksi untuk persiapan merencanakan ptk adalah 1) dan 3).

Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu *Pak Bejo merupakan guru kelas 5 SD pada waktu mengajarkan konsep perambatan kalau di kelas,dia mendapatkan sebagian besar peserta didik kesulitan memahami materi yang tidak memperhatikan penjelasannya hal ini membuat Pak Bejo merenung dan bertanya-tanya, “€œMengapa para peserta didik cenderung mengantuk ketika dia menjelaskan konsep perambatan kalor depan kelas?”€Rencana tindakan yang dapat dilakukan Pak Pardi untuk mengatasi permasalahan di kelasnya adalah?* beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

Leave a Comment